Ungkap Anies Konsisten Terbanyak Dapat Mention Netizen

Anies Baswedan jadi yang paling banyak di-mention ditandai netizen di antara para calon presiden (capres) di debat terakhir dengan sentimen yang cenderung positif.
Hal itu terungkap dalam analisis lembaga Drone Emprit terhadap percakapan di media sosial Twitter atau X pada periode Minggu (4/1) pukul 19.00 sampai dengan 22.00 WIB atau sepanjang debat.

Drone Emprit mengungkap Anies, capres nomor urut 1, dapat 160.426 mention (45 persen) atau yang terbanyak. Selanjutnya, ada capres nomor urut 2 Prabowo Subianto dengan 100.554 mention (28 persen), dan Ganjar Pranowo 95,276 mention (27 persen).

Tren percakapan terkait Anies pun, berdasarkan grafik Drone Emprit, tampak konsisten jadi yang tertinggi dan terus menunjukkan peningkatan. Yakni, 36 ribuan di awal debat, 41 ribuan di tengah, hingga memuncak 79 ribuan di akhir debat.

“Sejak awal debat hingga akhir periode analisis, volume percakapan tentang Anies selalu paling tinggi, diikuti oleh Prabowo dan Ganjar,” dikutip dari unggahan pendiri Drone Emprit Ismail Fahmi di akun Twitter-nya, Senin (5/2).

Hal yang sama terjadi dalam hal sentimen positif dengan Anies menjadi yang tertinggi (86 persen). Sementara, Ganjar 73 persen, dan Prabowo cuma 43 persen.

Salah satu bahasan di debat yang memicu sentimen positif adalah soal program bansos plus untuk rakyat yang diklaim bukan mewakili kepentingan pribadi.

sendiri menganalisis kategori sentimen ini dengan memakai kecerdasan buatan (AI) dan kemudian diperiksa dan dikoreksi oleh human annotator untuk memastikan arah sentimen sesuai dengan capres yang dianalisis.

Drone Emprit juga mengungkap masih ada sentimen negatif buat Anies (6 persen), meski ini jauh lebih kecil dari sentimen negatif Prabowo (48 persen) dan Ganjar (14 persen).

Beberapa sentimen negatif buat Anies yang tertangkap dari percakapan netizen antara lain:

– Rencana koalisi Anies dan Ganjar dinilai koalisi teraneh, disusupi HTI, FPI, berkoalisi dg PDI.

– Beberapa programnya dianggap sudah dijalankan oleh pemerintah sekarang.

– Para pendukung Anies tidak cerminkan apa yang sudah digaungkan pemimpinnya.

Analisis percakapan Twitter dalam dua debat capres sebelumnya mengungkap capaian Anies sebagai yang tertinggi dalam hal mention dari netizen.

Data analisis Drone Emprit pada 7 Januari pukul 22.00 WIB hingga 8 Januari pukul 23.59 WIB atau sesudah debat kedua, Anies mendapat total 442.382 mention dengan rincian 42.301 mendapat di Twitter atau X dan 13.093 mention di media berita online Tanah Air.

Anies total mengambil 37 persen dari total perbincangan di seluruh media. Angka tersebut unggul dari Prabowo yang mencatatkan perbincangan 34 persen dan capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo dengan 29 persen.

Usai debat pertama calon presiden (capres), Selasa (12/12), Anies juga jadi yang terbanyak dengan mendapat 48.418 mention, sementara Prabowo dapat 40.018 mention, dan Ganjar 21.775 mention.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*