Bukti Jakarta Makin Macet Parah, Ini Data Terbarunya

Jakarta Diguyur Hujan Pagi Hari (CNBC Indonesia/Muhammad Sabki)

Merasa Jakarta makin hari makin macet saja? Ternyata ada bukti ini benar terjadi. Laman Tomtom menyajikan data-data kepadatan lalu lintas, termasuk yang di Jakarta pada laporan Tomtom Traffic Index.

Laporan itu berisi 390 kota pada 56 negara. Dalam laporan itu, Jakarta disebut berada di urutan ke-29.

Tahun lalu, Tomtom mencatat rata-rata waktu tempuh jarak 10 kilometer di Jakarta mencapai 22 menit 40 detik. Ternyata jarak tempuh itu meningkat 2 menit 50 detik dari tahun sebelumnya, dikutip Kamis (16/3/2023).

Tomtom juga melaporkan berapa tambahan waktu yang dibutuhkan saat jam sibuk di pagi dan malam hari di Jakarta. Tercatat pagi hari bertambah 11 menit untuk 10 km perjalanan, sedangkan waktu lebih lama dibutuhkan pada malam hari yakni 18 menit per 10 km perjalanan.

Sementara itu lama jam sibuk per tahun di Jakarta mencapai 214 jam. Rata-rata kecepatan pada jam sibuk tahun 2022 lalu mencapai 22 km/jam.

Tomtom juga mencatat hari terburuk atau hari paling macet di Jakarta terjadi pada 9 Desember 2022 lalu. Hari itu rata-rata masyarakat Jakarta harus berkendara 10 km dalam waktu hampir setengah jam atau 29 menit 30 detik.

Sementara itu dalam laporan yang sama, kota yang tingkat kepadatan lalu lintas paling rendah adalah kota Almere, Belanda. Di sana, masyarakatnya menghabiskan waktu 8 menit 20 detik untuk menempuh jarak 10 km dan ini tidak berbeda dengan tahun lalu.

Tahun lalu jam sibuk per tahun di Almere juga ‘hanya’ 68 jam. Rata-rata kecepatannya adalah 67 km/jam.

Kota paling macet tahun lalu atau tingkat kepadatan lalu lintas tertinggi terjadi adalah London, Inggris. Tercatat rata-rata menghabiskan waktu per 10km mencapai 36 menit 20 detik dan itupun lebih lama 1 menit 50 detik dari tahun sebelumnya.

Waktu yang dihabiskan selama jam sibuk per tahunnya di sana mencapai 325 jam atau 65 jam lebih lama dari Bengalur, India yang ada di urutan kedua. Rata-rata kecepatan pada jam sibuk London hanya 14 km/jam.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

*